Grand Opening Starbucks Reserve pertama di Medan


Ngomongin soal coffee, aku termasuk orang yang doyan ngopi but not really a 'coffee-person', makanya aku lebih senang datang ke coffee shop yang menyediakan minuman kopi kopi yang gak terlalu serius lol. Nah, salah satu coffee shop favorite ku dari dulu itu ya Starbucks, soalnya coffee shop ini menyediakan ragam jenis minuman dan juga cake serta pastry. Apalagi salah satu gerainya waktu itu berada dibawah lokasi tempat aku biasa fitness.



Starbucks Reserve Grand Opening in Deli Park Medan

Starbucks Reserve yang sebelumnya hanya aku lihat pada saat liburan di Kuala Lumpur tapi belum kesampaian masuk karena terlalu ramai, dan sering juga aku lihat wara-wiri di Instagram ku saat ada yang teman atau kerabat yang liburan di Bali. Memang, untuk gerai reserve ini sendiri sudah ada di beberapa kota besar di Indonesia, selain Bali, ada juga di Jakarta, Bandung, Surabaya & Bogor. Kali ini giliran Medan yang mendapat kesempatan untuk mencoba sensasi berbeda ngopi di gerai Starbucks Reserve yang untuk pertama kalinya di Medan buka di Mall baru, yaitu Deli Park Medan. Nah, memang rejeki ibu soleh ya, aku dipilih menjadi perwakilan kantor untuk menghadiri undangan Grand Opening gerai pertama Starbucks Reserve di Deli Park Mall Medan. Grand Openingnya dimulai dengan serangkaian acara, seperti pembukaan oleh mas Kiki selaku Manager & PR untuk Starbucks Indonesia. dan juga dilanjutkan dengan kata sambutan dari Bapak Selvyn selaku Center Director Delipark Medan, Bapak Surip Mawardi selaku Head Agronomist Starbucks Farmer SUpport, Bapak Anthony Cottan selaku Direktur PT. Sari Coffee Indonesia dan juga Store Manager Starbucks Reserve Delipark Mall, mas Rangga Hadi.





Apa bedanya Starbucks Reserve dengan yang biasa?

Gerai Starbucks bisa dibilang udah gampang ditemukan apalagi di kota kota Besar. Contohnya di Kota Medan, selain didalam mall dan bandara aja, tapi gerainya juga sudah berdiri di sebuah lokasi sendiri. Ngomongin soal Starbucks, pasti ga lengkap kalau kita ga ngomongin tentang Starbucks Reserve yang sudah mulai dibuka di Beberapa kota besar di Indonesia. Nah, beruntungnya aku, beberapa barista yang ada di Starbucks Reserve Medan merupakan temanku saat aku sering ngopi disalah satu gerai mereka. Jadinya aku sekalian tanya tanya tentang beda dari Starbucks Reserve dan juga Starbucks biasa.



Peracik minuman yang sudah disebut Coffee Master

kalau kamu bertanya, emang apa bedanya Starbukcs biasa dengan Starbucks Reserve? Yang paling jelas adalah terletak pada logonya dengan dominasi huruf R yang berarti Reserve, artinya biji, dan juga Interiornya yang menurutku lebih minimalis dan 'woody'. Untuk barista disini juga merupakan Coffee Master loh, nah, kalau di gerai biasa, barista Starbucksnya mengenakan celemek berwarna hijau, mereka harus mengikuti serangkaian tes dan training untuk bisa mendapatkan memakai celemek hitam khas Starbucks Reserve dengan titel Coffee Master pada apronnya. Nah, Director Starbucks Indonesia, yaitu bapak Anthony Cottan juga mengatakan, gerai Reserve ini menyediakan area 'Slow Bar' dimana pelanggan bisa menikmati dan mengeklorasi berbagai kopi favorit yang disajikan dengan beragam teknik manual brew.

Arena Slow Bar untuk eksplorasi kopi favorite


cr: https://sumut.idntimes.com/


Nah, biasanya kalau ke coffee shop kita order kopi dan nunggu kopinya jadi tanpa memperhatikan detil cara pembuatannya kan? untuk kamu yang ingin mengeksplorasi kopi favorite dengan suasana berbeda. Kamu wajib nih datang dan 'nongkrong' di area slow bar. dimana kamu bisa melihat secara langsung proses penyajian kopi dengan beragam tenik manual brew. Dan yang pasti biji kopi yang dihadirkan disini adalah jenis kopi ultra-premium dengan jenis kopi pilihan yang berbeda dengan gerai Starbucks biasa.

Suasana Gerai yang terinspirasi dari perjalanan Kopi




Bapak Anthony mengatakan suasana gerai di Starbucks Reserve ini terasa hangat dan nyaman denganb unsur warna coklat kayu. dan juga pelanggan akan dimanjakan dengan suguhan dekorasi dindin yang indah, yang terinsipirasi oleh perjalanan kopi dari perkebenunan di pegunungan yang berliku dan curam sampai hingga disajikan didalam secangkir kopi. Jadi ternyata konsep ruangannya juga sudah dikonsep matang dan ternjawab kenapa gerai Reserve ini dominan dengan warna coklat kayu ya teman - teman. Dan FYI juga nih, sebagai bagian dari perayaan pembukaan gerai terbaru ini, Starbucks Indonesia mendonasikan 140.00 benih kopi melalui Starbucks Farmers Support Center untuk dialokasikan kepada para petani kopi di Sumatera dan Bali.

penyerahan biji kopi


Untuk menunya sendiri sih kurang lebih sama dengan gerai lainnya, tapi ada juga menu special brew dengan biji kopi pilihan yang hanya tersedia di Starbucks Reserve saja nih. Ditambah suasananya yang lebih cozy memang jadi pilihan pas untuk kamu yang mau menghabiskan me time di 'Slow Bar'  atau quality time dengan yang tersayang. Nah, buat kamu para coffee-addict sudah pernah cobain ngopi disini belum?




You May Also Like

15 komentar

  1. Wow Starbucks ada di Medan .. dan aku baru tahu ternyata beda antara Starbucks biasa dengan Starbucks reserve. Abis jarang sih ke Starbucks, paling kalau pas ga sengaja ke mall mampir lah menikmati kopi bersama suami

    BalasHapus
  2. Bagus nih Starbucks dah sampe medan kece bgt. Dah gth otletnya bagus ya di medan. Sukse selalu Starbucks, 

    BalasHapus
  3. Sepertinya memang Starbuck reserve ini diperuntukkan untuk para pecinta kopi atau orang yang ingin mendalami kopi lebih jauh ya mba. Bukan cuma sekedar minum tapi juga seni dari meracik kopi itu sendiri.


    Sejak tahun 2014 aku udah mengurangi kopi karena efek asam lambung, dulu waktu kerja minum kopi sehari bisa 2-3 kali. Belum termasuk minuman kopi yg ringan kaya es kopi. Sekarang bahkan sebulan sekali aja belum tentu.. heheheh

    BalasHapus
  4. Starbuck salah satu tempat favorit saya dan suami.
    Karena suka dengan konsepnya, terlebih lagi ini surganya para penikmat kopi

    BalasHapus
  5. wow interior dari Starbucks reserve Medan ini tampak berbeda ya mba, duh bagus dan keliatan mewah gitu. Aku kalo k SB ini jarang pesan kopi hehe

    BalasHapus
  6. Saya baru tau kalau ada Starbucks Reserve. Bagus ya interiornya. Berasa banget modern, tetapi juga hangat karena ornamen kayu

    BalasHapus
  7. Saya selalu suka interior bernuansa kayu²an. Kesannya hangat dan nyaman.

    Ini tempatnyaa seru banget yaaa mbak. Bs makin betah nih nongkrong di Sbux 😍😍

    BalasHapus
  8. Aaahhh ini tho bedanya Sturbuck biasa sama Reserve. Kumira hanya beda di desain sama pelayanan aja, ternyata yang meracik kopinya malah sudah Coffee Master.

    BalasHapus
  9. Wah, keren banget tempatnya ya, Mbak. Kayakny nongkrong-nongkrong cantik di Starbuck Reserve enak tuh, bakalan dapat ide segar buat nulis.

    BalasHapus
  10. Aku selalu amazing sama starbak, eh...Starbucks.
    Always rame dimanapun mereka berada.
    Hihii...memang cozy untuk nongki ama sahabat, temen diskusi, temen kantor, dan temen-temen yang lainnya.

    BalasHapus
  11. Yaampunnn, interior nya seelegant dan semewah itu ya Mba.
    Kapan-kapan aku main ah ke sini. Hhihihi

    BalasHapus
  12. Asik nih ada slow bar dari Sturbuck Reserve, lebih eksklusif aja kopinya karena dibuat oleh master Coffee.

    BalasHapus
  13. Wiwin | pratiwanggini.net13 Januari 2020 23.29

    Ooo, jadi Starbucks itu ada 2 macam yaaa.. Duhhh yang satu aja belum pernah saya kunjungi, malah udah ada yang lain lagi. Btw saya suka Starbucks itu gerainya selalu ada di paling depan, jadi langsung kelihatan.

    BalasHapus
  14. Di tempatku ada starbuck tapi kayaknya yang biasa aja dan aku belum pernah nyobain kopinya. Hihi

    BalasHapus
  15. Asik banget ini mbak, aku Grand Opening Starbucks tempatnya kece banget apalagi di Medan, ntar aku mau coba kunjungi mbak. Interiornya juara banget ini mbak.

    BalasHapus